Berita Terkini

Bangun Reputasi dan Kepercayaan Publik, Perankan Diri Sebagai Brand Ambassador

SEMARANG- Perankan diri layaknya sebagai brand ambassador lembaga yang diwakilinya untuk membangun kepercayaan dan reputasi lembaga saat berkomunikasi didepan publik atau  menghadapi stakeholder.

Tips dan trik menarik itu ditularkan Ratih Sotyaningtyas, Manajer Komunikasi dan Pemasaran sebuah hotel terkemuka di Semarang dihadapan  peserta Workshop Pengembangan Kehumasan pada Pilkada Serentak 2024 di Jawa Tengah hari kedua, Kamis (25/7/2024) yang digelar KPU Provinsi Jawa Tengah di Semarang.

Workshop ini digelar selama dua hari,Rabu - Kamis (24-25 /7/2024), diikuti oleh 140 orang peserta berasal dari 35 KPU dan Badan Kesbangpol kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

"Jangan lupa saat  berkomunikasi dengan stakeholder, senyum is the key ",ucap perempuan cantik tinggi semampai yang juga berprofesi sebagai pembaca acara ini, ketika membawakan materinya yang berjudul Tata Laksana Kepribadian dalam Menghadapi Stakeholder.

Diakhir sesi, Ratih  mengajak peserta workshop berlatih bagaimana menyampaikan pesan  yang dapat dengan mudah dipahami penerima pesan atau audiens.

Sehari sebelumnya, Rabu (24/7/2024) ditempat yang sama, peserta workshop kehumasan juga diedukasi oleh dua narasumber yakni pemimpin   redaksi dan redaktur pelaksana Harian Solopos, Rini Yustiningsih  dan Danang Nur Ihsan, masing - masing membawakan materi tentang public speaking dan kehumasan  serta teknik jurnalistik dan pengelolaan media sosial.

Rini menekankan pentingnya skill public speaking saat berhadapan dengan stakeholder maupun awak media, terlebih posisi KPU yang pada saat penyelenggaraan pemilu akan menjadi sasaran awak media untuk meminta konfirmasi perihal pelaksanan pemilu maupun pemilihan yang sedang berlangsung.

Rini juga memberikan kesempatan kepada peserta workshop bermain peran dalam skenario cerita sebuah konferensi pers. "Hindari kata tidak tahu saat menanggapi sebuah pertanyaan", pesan Rini.

Sementara itu, Danang Nur Ihsan menekankan  pentingnya menguasai teknik menulis berita di platform digital." Di media online tiga hal penting yang harus diperhatikan saat menulis berita adalah tema, judul dan foto yang akan menjadi impresi awal pembaca", papar Danang

Tema konten berita sedapat mungkin menjawab kebutuhan informasi yang sedang dicari publik atau user needs; Judul berita bersifat memantik,  memuat frasa atau kata kunci yang ramah SEO dan bukan sekedar clickbait; sedang Foto atau gambar menarik relevan dengan judul dan isi berita agar tidak menimbulkan mispersepsi pembaca.(***/RED)

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Telah dilihat 1,616 kali